RANCANGAN DESTINATION BRANDINGKABUPATEN SINJAI, SULAWESI SELATAN

  • ALYA CIPTANING RUM
  • JILL AURORA ERICK Politeknik Pariwisata Makassar
  • MONALISA JULIAN RABA Politeknik Pariwisata Makassar
  • Andi Ruri Rudansy Politeknik Pariwisata Makassar
  • Ilham Junaid Politeknik Pariwisata Makassar
Keywords: Rancangan branding, destination branding,, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, potensi wisata

Abstract

Kabupaten Sinjai belum memiliki branding khusus pariwisata sehingga dibutuhkan rancangan destination branding yang dapat menjadi alat promosi destinasi. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui potensi pariwisata Kabupaten Sinjai; 2) untuk mengusulkan konsep perancangan destination branding Kabupaten Sinjai. Penelitian ini menerapkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan penyebaran angket (kuesioner) yang dilakukan pada bulan September 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kabupaten Sinjai memiliki potensi wisata alam dan budaya dan dibutuhkan cara untuk memperkenalkan potensi tersebut, salah satunya melalui rancangan branding destinasi. Setelah melakukan beberapa tahapan dalam destination branding, hasil penelitian menunjukkan bahwa ikon yang sesuai untuk dijadikan brand pariwisata untuk Kabupaten Sinjai adalah kuda dengan hasil persentase sebesar 72,7% dan keindahan alam yang dimiliki yang mencakup 3 dimensi. Penelitian ini merekomendasikan pentingnya menerapkan rancangan branding yang telah dilakukan hingga tahap interpretasi potensi serta value  yang dimiliki Kabupaten Sinjai menjadi suatu brand. Selanjutnya, diharapkan agar melanjutkan ke tahap berikutnya yaitu menggunakan brand yang ada sebagai bahan promosi dan menarik wisatawan melalui brand tersebut. Kajian lanjutan sangat dibutuhkan khususnya yang berkaitan dengan bagaimana implementasi brand destinasi Sinjai yang diusulkan..

References

Alee, J dan N, Kotler. (2011). Strategic Tourism Marketing Workbook. Tourism Destination Management and Marketing Program. Washington, DC: The George Washington University.

Amdani, Suut. (2008). Analisis Potensi Obyek Wisata Alam Pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Skripsi. Surakarta : Fakultas Geografi UMS.

Healey, Matthew. (2008). What is Branding?. Rotovision.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Online. Karakteristik (https://kbbi.web.id/karakteristik.html, diakses tanggal 20 juni 2018)

Kementerian Pariwisata. R. I. (2016). Passenger Exit Survey 2015. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementerian Pariwisata.

Morioka, Adams. (2004). Logo Design Workbook. Massachusetts: Rockport.

Sekaran, Uma. (2011). Research Methods for Business Edisi 1 dan 2. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Angkasa.

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Graha Aksara.

Undang-undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

UNWTO. (2016). UNTWO Tourism Highlight. World Tourism Organization Publication.
Wiryawan, B. Mendiola. 2008. Kamus Brand. Jakarta: Red & White Publishing.
Published
2019-05-27
How to Cite
RUMA., ERICKJ., RABAM., RudansyA., & JunaidI. (2019). RANCANGAN DESTINATION BRANDINGKABUPATEN SINJAI, SULAWESI SELATAN. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 1(2), 35-45. https://doi.org/10.33649/pusaka.v1i2.17