Persuasi Instagram Terhadap Brand Awareness Terhadap Pangsa Pasar Millennial di Intercontinental Bali Resort

  • Putu Diah Sastri Pitanatri Lecturer
  • Putu Bella Ayu Virdani Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa dua Bali
  • Dewa Ketut Sujatha Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali
Keywords: KATA KUNCI: Strategi, Social Media, Instagram, Brand Awareness

Abstract

Social media merupakan salah satu media yang digunakan pihak hotel untuk memasarkan fasilitas dan produknya. Mengikuti tren tersebut, InterContinental Bali Resort menggunakan social media Instagram sebagai salah satu media untuk menjaga dan mengenalkan brand InterContinental Bali Resort. Dilihat dari data yang ingin dicapai pada tahun 2018 masih belum mencapai target, tetapi pengikut Instagram InterContinental Bali Resort dapat dikatakan sudah banyak jika dibandingkan pengikut dengan respon di Instagram masih sangat minim. Oleh karena itu, untuk mengetahui posisi brand awareness InterContinental Bali Resort diperlukan strategi social media khusus pada Instagramnya.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi brand awareness melalui social media Instagram, sehingga dapat mengetahui strategi lanjutan apa yang cocok untuk diterapkan. Penelitian ini dilakukan dengan mengolah data 100 kuesioner dengan 4 indikator brand awareness. Responden kuesioner ini adalah generasi millennial pengguna aktif Instagram. Hasil kuesioner dianalisis dengan tingkatan untuk mengetahui posisi brand dan menentukan strategi lanjutannya.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi brand awareness terhadap Instagram InterContinental Bali Resort terletak pada brand recall yang berarti Instagram InterContinental Bali Resort sudah dikenal tanpa harus mengingatkan kembali akan brand tersebut. Untuk meningkatkan posisi ke “top of mind” diperlukan beberapa strategi lanjutan seperti menjalin komunikasi, membuat konten-konten yang lebih kreatif dan mengatur waktu postingan yang disesuaikan dengan target market sehingga melalui Instagram InterContinental Bali Resort, produk dan fasilitas yang ditawarkan dapat diketahui dengan mudah.

Keywords: Strategi, Social Media, Instagram, Brand Awareness

References

Abdurrahman, Nana Herdina. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Jawa Barat : CV. Pustaka Setia

Adyani, I Gusti Ayu Putu Diah & Putu Diah Sastri Pitanatri . 2017. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Menginap Bagi Tamu FIT (Free Independent Traveller) : Studi Kasus di Hilton Bali Resort. Jurnal Bisnis Hospitaliti, Volume 6 No 1. 2017. ISSN 2581-2122; Penerbit: Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali

Agung, Gregorius. 2012. Instagram Untuk Fotografi Digital dan Bisnis Kreatif. Jakarta : PT elex Media Komputindo

Badan Pusat Statistik. 2018. Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta : Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. dari https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/9acde-buku-profil-generasi-milenia.pdf. Diakses pada Mei 15, 2019

Best, Roger J. 2013. Market-Based Management: Strategies for Growing Customer Value and Profitability. New Jersey : Pearson

Buchari, Alma. 2010. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Durianto, Darmadi dan Tony S. 2004. Strategi Menakklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama

Herosoftmedia.co.id. 2019. Social Media Marketing Strategi. https://www.herosoftmedia.co.id/social-media-marketing-strategi/. Diakses pada Mei 7, 2019

Indrawati, Komang Ayu Pradnya., I Nyoman Sudiarta., & I Wayan Suardana. 2017. Efektivitas Iklan Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran di Krisna Oleh-Oleh Khas Bali: Teori Media Sosial. Jurnal Analisis Pariwisata, Vol. 17 (No. 2), halaman 79. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jap/article/view/36484/22056. Diakses pada April 30, 2019

Internet World Stats. 2018. World Internet Users and 2018 Population Stats. https://internetworldstats.com/stats.htm. Diakses pada Januari 23, 2019

Keller, Kevin Lane. 2008. Strategic Brand Management. New Jersey : Pearson

Kothler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa Perencanaan, Implementasi dan Control. Jakarta : Prehalindo

Marketeers.com. 2013. Empat Pilar Strategi Media Sosial. https://marketeers.com/empat-pilar-strategi-media-sosial/. Diakses pada Mei 7, 2019

OECD. 2014. Open Government in Indonesia. http://www.oecd.org/ dan https://read.oecd-ilibrary.org/governance/open-government-in-indonesia_9789264265905-en#page192 . Diakses pada April 25, 2019

Pakar Komunikasi.com. 2017. Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli. https://pakarkomunikasi.com/pengertian-media-sosial-menurut-para-ahli. Diakses pada Mei 7, 2019

Pitanatri, P. D. S., & Pitana, I. G. 2019. Challenging the Giants: Factors Contributing to Local Homestay Competitiveness in Ubud Bali. The Journal of Social Sciences Research, 5(3), 796-802.

Pomalaa, Lovely., Yusi Tyroni Mursityo., & Dwi Atmaja Herlambang. 2018. Analisis Faktor Brand Awareness, Brand Exposure, Customer Engagement, dan Electronic Word of Mouth Dalam Pemasaran Melalui Media Sosial Pada The Body Shop Indonesia. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol.2, (No 10), halaman 4082-4091. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2843/1086. Diakses pada April 29,2019.

Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Sadiya, Lailatus. 2018. Strategi Promosi di Media Sosial Instagram Terhadap Kesadaran Merek Di Era Generasi Z. Jurnal Strategi Promosi. journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/download/3530/2601. Diakses pada April 28, 2019

Semuel, Hatane., & Kelvin Yohanes Setiawan. 2018. Jurnal Promosi Melalui Sosial Media, Brand Awareness, Purchase Intention Pada Produk Sepatu Olahraga. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 12 (No.1), halaman 48. jurnalpemasaran.petra.ac.id/index.php/mar/article/.../19414. Diakses pada Januari 29, 2019

Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang : UB Press

Spssindonesia.com. 2014. Uji Reliabilitas Alpha SPSS. https://www.spssindonesia.com/2014/01/uji-reliabilitas-alpha-spss.html. Diakses pada Mei 15, 2019

Statista. 2018. Leading Social Media Platforms Used by Marketers Worldwide. https://www.statista.com/statistics/259379/social-media-platforms-used-by-marketers-worldwide/. Diakses pada Pebruari 23, 2019

Strauss, Judy & Frost Raymond. 2009. E-Marketing. New Jersey : Pearson

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta

Sujarweni,V Wiratna. 2014. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Sulianta, Feri. 2015. Keajaiban Sosial Media. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Sumiati., Nadiyah Hirfiyana Rosita., & Ida Yulianti. 2016. Brand Dalam Implikasi Bisnis. Malang : UB Press

Trihendradi, Cornelius. 2012. Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta : ANDI

Published
2020-05-03
How to Cite
PitanatriP., VirdaniP. B., & SujathaD. (2020). Persuasi Instagram Terhadap Brand Awareness Terhadap Pangsa Pasar Millennial di Intercontinental Bali Resort. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 2(2), 111-118. https://doi.org/10.33649/pusaka.v2i2.23