Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Hotel dan Wisma di Kabupaten Pinrang

  • Suardi Palaba Politeknik Pariwisata Makassar
Keywords: Daya Tangkap, Kehandalan, Jaminan, Keputusan Memilih, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan dan jaminan berpengaruh terhadap keputusan memilih hotel dan wisma di Kabupaten Pinrang. Untuk mengetahui dan menganalisis di antara kualitas pelayanan tersebut yang dominan berpengaruh terhadap keputusan memilih hotel dan wisma di Kabupaten Pinrang. Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Pinrang dengan populasi sebanyak 385 orang pelanggan hotel/wisma/penginapan dan menetapkan sampel sebanyak 196 responden berdasarkan rumus Slovin. Data hasil kuesioner dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik, empati, daya tanggap, kehandalan dan jaminan berpengaruh terhadap keputusan memilih hotel dan wisma di Kabupaten Pinrang. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa bukti fisik, empati dan kehandalan memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih dari pelanggan, sementara daya tanggap dan jaminan memberikan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan memilih dari pelanggan. Ini berarti keputusan memilih hotel dan wisma ditentukan oleh keberadaan bukti fisik dari sebuah hotel atau wisma yang memberikan kenyamanan kepada setiap tamu hotel, menunjukkan sikap kepedulian (empati) dalam melayani tamu hotel dan kehandalan dari para karyawannya yang memberikan proses pelayanan yang cepat dan tidak diskriminatif.

References

Ade Kusumawardani, 2009. Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Memilih Produk Herbal Makassar. Skripsi (Tidak Dipublikasikan).
Asdi, 2010. Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Jasa Rumah Sakit Undata Palu. Tesis (Tidak Dipublikasikan).
Cahyono, 2003. Pemasaran, Pemasar dan Pelanggan. Penerbit Pustakajaya, Jakarta.
Ghurgen, Jacob, 2002. Marketing and Market Decision Making. Published by John Wiley and Sons, New York.
Grolier, Michael, 1995. Perceived Service Quality Model. Published Ohio University Press, California.
Margaretha, 2009. Kualitas Pelayanan: Teori dan Aplikasi. Penerbit Mandar Maju, Jakarta.
Parasuraman, A. Valerie, 2001. Delivering Quality Service. The Free Press, New York. (Diterjemahkan oleh Sutanto).
Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata.
Peraturan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor PM.86/HK.501/MKP/2010 tentang Tata Cara Pendaftaran Usaha Penyediaan Akomodasi.
Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM.53/HM.001/MPEK/2013 tentang Standar Usaha Hotel.
Sukriani, 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Keputusan Memilih Hotel Quality Makassar. Tesis (Tidak Dipublikasikan).
Tjiptono, Fhandy, 2002. Strategi Pemasaran. Penerbit PT. Gramedia Pustaka, Jakarta.
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan
Published
2020-01-31
How to Cite
PalabaS. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Memilih Hotel dan Wisma di Kabupaten Pinrang. PUSAKA (Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event), 2(1), 35-43. https://doi.org/10.33649/pusaka.v2i1.37