Pengaruh Kegiatan Pemasaran Online (E-Commerce) terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kuliner Tradisional Di Sulawesi Selatan

  • Syahrial Manaf Poitehnik Pariwisata Makassar
  • Lily Dianafitry Hasan Poltekpar Makassar
  • Muhammad Musawantoro Politeknik Pariwisata Makassar
  • Faizal Akbar Zainal Politeknik Pariwisata Makassar
Keywords: Kata kunci: Pemasaran Online (Ecommerce),strategi diferensiasi produk, keunggulan bersaing,

Abstract

Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode pemasaran Online
(Ecommerce) berpengaruh terhadap keunggulan bersaing Jenis Penelitian ini
adalah deskriptif Kuantitatif dengan analasis data statistik, dimana populasi dan
sampel adalah seluruh industri kuliner tradisional di Sulawesi Selatan khusunya
pada daerah Makassar, Pare-Pare, Bulukumba dan Bantaeng. Penelitian ini
dilakukan dengan menyebar kuisioner kepada 80 responden. Sampel diambil
dengan cara puposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
analisa regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pengaruh Metode Online
(Ecommerce) terhadap Keunggulan Bersaing secara parsial signifikan.
Kata kunci: Pemasaran Online (Ecommerce),strategi diferensiasi produk,
keunggulan bersaing,
Abstract :
This study aims to determine whether the method of Online marketing
(Ecommerce) influences competitive advantage This type of research is
quantitative descriptive with statistical data analysis, where the population and
sample are all traditional culinary industries in South Sulawesi especially in
Makassar, Pare-Pare, Bulukumba and Bantaeng. This research was conducted
by distributing questionnaires to 80 respondents. Samples were taken by
puposive sampling. Data analysis was performed using regression analysis The
results of this study indicate that the influence of online methods (Ecommerce) on
competitive advantage is partially significant.
Keywords: Online Marketing (Ecommerce), product differentiation strategy,
competitive advantage

References

DAFTAR PUSTAKA

Adi Nugroho, 2006 ; E-commerce, Memahami Perdagangan Moderen di Dunia Maya, Informatika. Bandung.

Agustinus Sri Wahyudi, 1996. Manajemen Strategik ; Pengantar Proses Berfikir Strategik, Binarupa Aksara, Jakarta

Arikunto.S, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta.

Arikunto, Suharsimi, 2010 ; Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta, Jakarta

David Hungar dan Thomas Wheelen,2009. manajemen Strategis, ANDI, Jakarta

Dirgantara ,Crown, 2001, manajemen Strategik ; Konsep, Kasus, dan Implementasi, Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Dian Andriana, 2003; Pengenalan Pemprograman E-Commerce dengan PHP dan MySQL, Ilmu Komputer.com.

Edward J Blocher, 2000; Manajemen Biaya : Dengan Tekanan Strategik, Salemba Empat,Jakarta,

Ferdinand, Augusty. 2000. Manajemen Pemasaran: Sebuah Pendekatan Stratejik, Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang

Gordon, T. Kim. (2005). Dare to be different: successful marketing means standing out from your competitors. Here are 4 steps to shedding your look-alike image. Entrepreneur

Griffin, Jill, 2003. Bisnis, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hidayat, Taufik, 2008, Panduan membuat Toko Online dengan OS Commerce, Penerbit Mediakita Jakarta

Hermawan Kertajaya, 1996; Marketing Plus 2000, Gramedia, Jakarta.

Hermawan Kertajaya, 2007; Markplus Marketing The Second Generation, PT GramediaPustaka Utama, Jakarta,

Iman Ghozali, 2009. Ekonometrika-Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Badan Penerbit Diponegoro; Semarang

Iskandar, 2008 ; Metodologi Penelitian pendidikan dan Sosial ( Kuantitatif dan Kualitatif), gaung Persada Group, Jakarta

Jeff Madura, 2001, Pengantar Bisnis, Salemba Empat, Jakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

Kienan, Brenda, 2001 ; Small Business Solution E-Commerce untuk perusahaan kecil. Elek Media Komputindo, Jakarta.

Kotler, Philip, 2006, Manajemen Pemasaran.Edisi Mienium, Prenhallindo, Jakarta

Kartajaya, H. 2002. Hermawan Kertajaya on Marketing. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Lovelock, C. 1992. Managemen Pemasaran. Yogjakarta: Andi.

M.Suyanto, 2003, Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, Penerbit Andi Yogyakarta.

Michael E Porter, 1994; Keunggulan Bersaing : Menciptakan dan Mempertahankan Kinerja Unggul, Binarupa Aksara, Jakarta.

Michael E Porter Dan Agus Maulana, Strategi Bersaing : Teknik Menganalisis Industri Dan Pesaing, Erlangga.

Michael E. Porter, 2003, Competitive Advantage : Creating and Sustaining Superior Performance, Free Press, New York.

Natsir, Mohammad, 1983, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Nawawi, Hadari, 1986 : Metode Penelitian Bidang Sosial,Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Porter, M. E. (1980). Competitive advantage: techniques for analyzing industries and competitors. New York: Free Press.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran Jilid 1, Indeks, Jakarta, 2004

Quthni Darul, 2006 ; Terminology E-commerce yang popular, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Riduan, 2005 ; Skala pengukuran variabel-Variabel Penelitian, Afabeta, Bandung.

Sekaran, Uma. 2011 ; Research Methods for business Edisi I and II, Salemba Empat, Jakarta

Sugiyono, 2012, Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabet, Bandung.

Sampurno, 2010, Manajemen Strategik ; Menciptakan Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan, Gajah Mada University Press,Yogyakarta

Sofjan Assauri, 2013 ; Strategic Marketing : Sustaining Lifetime Customer Value, Pt.Rafagrafindo Persada, Jakarta,.

Sugiyono, 2003, Metode Penelitian Bisnis,Alfa Beta, Bandung

Supranto, J, 2003 ; Metode Riset Aplikasi Dalam Pemasaran, Edisi Revisi ketujuh, Rineka Cipta, Yogyakarta.

Titik Nurbiyati, 2015 ; Manajemen Pemasaran Kontemporer, Kayon, Yogyakarta.

Umi, Narimawati, 2008 ; Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif ; Teori dan Aplikasi, Alfabeta Bandung.

Winarno , Surakhmad, 1994 ; Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik, Tarsito, Bandung.

Published
2020-01-31
How to Cite
ManafS., HasanL., MusawantoroM., & ZainalF. (2020). Pengaruh Kegiatan Pemasaran Online (E-Commerce) terhadap Keunggulan Bersaing Produk Kuliner Tradisional Di Sulawesi Selatan. PUSAKA (Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event), 2(1), 66-72. https://doi.org/10.33649/pusaka.v2i1.47