Strategi Daya Tarik Wisata Alam Curug Leuwibumi Dalam Implementasi Sistem Reservasi Digital

  • Irwan Tamrin Magister Pariwisata Berkelanjutan UNPAD
  • Rusdin Tahir Universitas Padjadjaran
  • M. Liga Suryadana Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung
Keywords: e-tourism, pariwisata berkelannjutan, tata Kelola pengunjung, system reservasi, digitalisasi desa wisata

Abstract

Pengembangan pariwisata berbasis digital merupakan salah satu alternatif untuk menjawab permasalahan pariwisata massal yang kerap mengancam keberlangsungan destinasi pariwisata. Keberlanjutan dalam perspektif pariwisata tidak hanya tentang bagaimana lingkungan ekologis, tetapi juga bagaimana masyarakat setempat menjalani kehidupannya sehari-hari serta manfaatnya secara ekonomi. Penerapan teknologi reservasi digital merupakan salah satu terobosan yang diterapkan oleh daya tarik wisata alam Curug Leuwibumi di Provinsi Banten dalam upayanya mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pendampingan digitalisasi berupa teknologi system reservasi digital pada destinasi wisata, khususnya yang berbasis wisata alam. Metode kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan dengan narasi deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan sistem reservasi digital dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelola daya tarik wisata Curug Leuwibumi.

References

Albrecht, J. N. (2017). Introduction to Visitor Management in Tourism Destinations. In Visitor management in tourism destinations (pp. 3–8). CABI. https://doi.org/10.1079/9781780647357.0003

Baloglu, S., Henthorne, T. L., & Sahin, S. (2014). Destination Image and Brand Personality of Jamaica: A Model of Tourist Behavior. Journal of Travel and Tourism Marketing, 31(8), 1057–1070. https://doi.org/10.1080/10548408.2014.892468

Cai, W., McKenna, B., & Waizenegger, L. (2020). Turning It Off: Emotions in Digital-Free Travel. Journal of Travel Research, 59(5), 909–927. https://doi.org/10.1177/0047287519868314

Colombo, M. G., Piva, E., Quas, A., & Rossi-Lamastra, C. (2016). How high-tech entrepreneurial ventures cope with the global crisis: changes in product innovation and internationalization strategies. Industry and Innovation, 23(7), 647–671. https://doi.org/10.1080/13662716.2016.1196438

Creswell. John W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. In English Language Teaching (Vol. 12, Issue 5, p. 265).

Ivars-Baidal, J. A., Celdrán-Bernabéu, M. A., Mazón, J. N., & Perles-Ivars, Á. F. (2019). Smart destinations and the evolution of ICTs: a new scenario for destination management? Current Issues in Tourism, 22(13), 1581–1600. https://doi.org/10.1080/13683500.2017.1388771

Lee, T. H. (2013). Influence analysis of community resident support for sustainable tourism development. Tourism Management, 34, 37–46. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2012.03.007

Nofiyanti, F., Mayasari, I., & Parwoto, B. D. (2020). Tourism Attractions and Visitors Perceptions on “Negeri di Atas Awan”, A New Tourist Destination in Citorek Kidul Lebak Banten. TRJ Tourism Research Journal, 4(1), 93. https://doi.org/10.30647/trj.v4i1.80

Oun, M. A., & Bach, C. (2014). Qualitative Research Method Summary. Journal of Multidisciplinary Engineering Science and Technology (JMEST), 1, 3159–3199. www.jmest.org

Purwantoro, T. (2020). Kredibilitas Komunikator pada Destinasi Wisata Melalui Media Sosial (Video Viral Negeri di Atas Awan Citorek, Banten). Ekspresi Dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 157. https://doi.org/10.33822/jep.v3i2.1863

Rachmat, K. (2014). Teknik Praktis Riset komunikasi. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=gI9ADwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=gI9ADwAAQBAJ&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwish6y64_XnAhUZVH0KHZL-AaUQ6AEIKDAA#v=onepage&q&f=false

Sahrah, A. (2020). Studi Indigenous Dengan Metode Kualitatif (Vol. 7, Issue 2).

Tahir, R. (2013). Keterikatan Karyawan Dan Kontribusinya Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS, 4(1). https://doi.org/10.17509/jimb.v4i1.988

UNWTO. (2018). Tourism for SDGS - How to engage travellers. http://tourism4sdgs.org/act/travellers/

Winter, P. L., Selin, S., Cerveny, L., & Bricker, K. (2020). Outdoor recreation, nature-based tourism, and sustainability. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 12, Issue 1, pp. 1–12). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/SU12010081

Published
2021-05-28
How to Cite
TamrinI., TahirR., & SuryadanaM. L. (2021). Strategi Daya Tarik Wisata Alam Curug Leuwibumi Dalam Implementasi Sistem Reservasi Digital. Pusaka: Journal of Tourism, Hospitality, Travel and Business Event, 3(2), 145-151. https://doi.org/10.33649/pusaka.v3i2.99